Model
Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Demikian pengertian dari setiap arti suku kata Desain Pemodelan Grafik dan jika di tarik kesimpulan maka pengertian Desain Pemodelan Grafik sperti yang penulis sebut di awal penulisan.
Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi
Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Demikian pengertian dari setiap arti suku kata Desain Pemodelan Grafik dan jika di tarik kesimpulan maka pengertian Desain Pemodelan Grafik sperti yang penulis sebut di awal penulisan.
Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi
Bagian dari grafika komputer meliputi:
• Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
• Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Contoh Penerapan Desain Grafis di Bidang Hiburan
Video Game
Seiring perkembangan dunia game dan teknologi grafis, maka
berkembang teruslah model-model yang terus diperkenalkan pada dunia game ini.
Mulai dari game Dua Dimensi (2D) hingga game Tiga Dimensi (3D), bahkan ada
beberapa game yang sudah memakai teknologi Augmented Reality atau Virtual
Reality. Hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi seluruh pembuatan game dari
perusahaan-perusahaan pembuat game. Bahkan dari vendor-vendor penyedia kartu
grafis guna memfasilitasi dan mendukung agar game-game yang keren seperti 3D
dapat dan mampu berjalan pada komputer.
Dari sudut pandang Objek:
Objek 2 Dimensi
Dalam dunia komputerisasi grafik komputer 2D adalah sebuah
generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil
objek-objek dua dimensi. Model grafik tersebut merupakan kombinasi dari model
geometri (grafik vektor) gambar digital (raster Graphics), fungsi matematika,
dan sebagainya.
Macam-macam objek 2 Dimensi:
Line, Circle, Arc, Polygon, Text, Section, Rectangle,
Ellips, Donut, Star, Helix
Objek 3 Dimensi
3D biasa disebut benda yang memiliki panjang, lebar, tinggi.
Grafil 3D merupakan teknik yang berpatokan pada titik sumbu X (datar), sumbu Y
(tegak), dan sumbu Z(miring). 3D, biasanya digunakan dalam penanganan grafis.
Secara umum 3D menunjuk pada kemampuan dari sebuah video card. Grafik 3D
merupakan perkembangan dari grafik 2D. Dalam grafika komputer, 3D merupakan
bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Proses
pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling
yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang
mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan rendering yang
memproduksi image dari objek tersebut.
Macam-macam objek 3 Dimensi:
Cube, Sphare, Tube, Pyramid, Plane, Oval,dll
Dari sudut pandang Grafik Komputer:
Grafik Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah objek digital berbasis komputer,
yang mengambil objek-objek dua dimensi. Model Grafik 2D adalah kumpulan model
geometri/grafik vektor, gambar digital, fungsi matematika, dan sebagainya.
Model-model ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri
dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. Model-model yang
digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi,
atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan,
pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun, mereka dapat membuat model
berlapis-lapis (layer), nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk
dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka
(kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam
grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data
geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah
tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik
komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang
mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang
mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang
memproduksi image dari objek tersebut. Grafik 3D adalah sebuah
gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan
menjadi sebuah bentuk 3D
Dari sudut pandang Animasi
Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.
Contohnya misalnya: Looney Tunes, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, dan
lainnya.
Animasi 3D (3 Dimensi)
Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan
animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati
wujud manusia aslinya. Contohnya Toy Story, Monster Inc., Finding
Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, hingga Final Fantasy. Disini kita bisa
melihat perbedaan visual jika dbandingkan dengan animasi 2D. Kesemuanya itu
biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
TOOLS Dalam pembuatan grafik di game
1. Unreal Engine
2. Blender
Software 3D Modeling ini masih menjadi senjata bagi para
Animator untuk membuat suatu Animasi, dikarenakan sifatnya yang Open
Source, dan tampilan yang sudah dipermudah, menjadikan perkembangan Blender
menjadi pesat, selain untuk 3D Modeling dan Animasi, Blender juga dapat
digunakan untuk membuat Game.
3. 3D Rad Engine
3d rad engine adalah software pembuat game 3d termudah bahkan lebih gilanya . anda bisa menjalankan langsung game nya dengan hanya memilih mobil dan maps nya. 3d rad hanya mampu membuat game racing. ya seperti game balap lah, seperti nfs most wanted, ataupun downhill . engine ini membuat anda bisa membuat game 3d tanpa pusing2 akan coding. editor di 3d rad berbasis komponen/object yang bisa di kombinasikan dan di setting sendiri.
Untuk anda yang ingin membuat game 3d racing. ini adalah pilihan terbaik !!
Untuk anda yang ingin membuat game 3d racing. ini adalah pilihan terbaik !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar